Selasa, 24 Mei 2016

Tips dan trik menjaga kesehatan menurut ajaran Islam

Islam merupakan agama samawi yang diturunkan di bumi. Agama terakhir ini bertujuan untuk menyempurnakan ajaran-ajaran dari sebelumnya. Bahkankesehatan dalam islam tergolong sangat penting, salah satunya ditunjukan dengan kalimat yang sudah tidak asing lagi untuk kalian “Keberihan sebagian dari iman”.

Kalian merupakan umat Islam? Dan ingin mengikuti NabiMuhammad sawmenjaga kesehatan, berikut ini adalah cara-cara menjaga kesehatan menurut islam:

1. Bangunlah Sebelum Subuh

Bangun sebelum subuh ini maksudnya untuk melakukan sholat sunnahberjamaah dan melakukan sholat subuh. Gerakan sholat sama bermafaatnya dengan gerakan olahraga. Pada saat sholat subuh, sama bermanfaatnya dengan olahraga kecil pada pagi hari. Udara subuh yang jugua sangat terbukti lebih segar dan fresh. Dengan melakukan hal tersebut juga akan memberikan kalian berkah berupa pahala dan kenikmatan kesehatan.

2. Tidak Makan Berlebihan
Dalam makann, islam mengaunjurkan untuk makan sebelum kita lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena menurut kepercayaan islam, bahwa perut kita dibagi menjadi tiga bagian yaitu yang pertama: bagian perut untuk makan, kedua: bagian untuk udara, ketiga: bagian perut untuk air. Dengan menyeimbangkan ketiga unsur itu kita akan menemukan kesehatan didalam perut.

3. Biasakan Jalan Kaki
Nabi Muhammad SAW terkenal suka berjalan kaki, balik ke masjid, rumah sahabat, maupu n pergi berjihad. Dengan berjalan kaki, kaki akan membuat keringat kita keluar. Kemudian pori-pori kita akan terbuka, aliran darah juga lebih lancar dan pastinya akan membuat tubuh kita lebih sehat.

4. Tidak Gampang Marah
Nabi Muhammad SAW pernah membarikan nasihat “Jangan marah” kata tersebut diulangi selama tiga kali. Hal ini menunjukan bahwa pentingnya untuk menjaga emosi dalam islam, dan menunjukan bahwa kekuatan dan kesehatan seorang muslim tidak hanya ditentukan oleh tubuhnya tapi juga emosi, dan jiwanya.

Berikut cara tepat untuk mengatasi rasa marah yaitu dengan mengubah posisi tubuh kita ketika sedang marah. Ketika kalian sedang marah pada posisi beridiri cobalah untuk duduk, kemudian jika kalian marah dalam posisi duduk cobalah untuk berbaring. Marah itu berasal dari setan dan setan yang terbuat dari api. Jadi kalian bisa mengambil wudhu kemudian sholat sunnah atau wajib untuk menenangkan diri.


Masih banyak cara-cara untuk menjaga kesehatan dalam islam. Karena Islam sendiri merupakan agama yang sempurna, yang sangat menganjurkan kesehatan dan kebersihan dalam beribadah.

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Categories

Popular Posts